10 Hal Yang Wajib Ada untuk Road Trip Tak Terlupakan

Setidaknya sekali seumur hidup, kita perlu berwisata antar kota dengan berkendara alias road trip. Mengapa?  Karena selain seru, dan lebih langka kesempatannya karena akan memakan banyak waktu.  Bagi yang punya pekerjaan tetap akan sulit mencari waktu utk nge-roadtrip - maka itu setiap kesempatan road trip jangan sampai terlewatkan, apalagi kalau kita punya banyak sahabat yang asik dan hobi ngetrip bareng.

Road trip memungkinkan kita melihat lebih banyak pemandangan atau bentang alam yang menarik, bertemu dan berinteraksi langsung dengan warga, mampir-mampir di pasar atau atau warung, mencicipi kuliner lokal di sepanjang perjalanan dan tentunya nyetok wefie yang spektakuler.  Semua yang mengaku penggila travel seharusnya mengejar kesempatan emas bepergian seperti ini.

Road trip memerlukan beberapa hal khusus. Risikonya juga lebih besar mengingat ini adalah perjalanan panjang menuntut persiapan.  Simak hal-hal yang wajib ada untuk road trip yang berkesan:

  • 1. Teman-teman yang "sejiwa" - resep road trip yang seru memerlukan peserta yang mempunyai minat sama supaya lebih nikmat ngetripnya dan nggak berantem tentang tujuan. Kita juga akan semobil dengan mereka selama beberapa hari jadi mereka haruslah orang-orang yang asik yang sama-sama menikmati road trip ini.  Biasanya kelompok road trip terkecil adalah tiga orang - namun berduaan juga bisa sih. Saya pernah ngeroadtrip berdua sama ibunda dari Sacramento ke pegunungan dekat Bay Area sampai Yosemite Park.  Siapapun temen nge-roadtrip kita, mereka haruslah punya jiwa petualangan dan mau sedikit rempong demi pengalaman.

    Teman-teman nge-roadtrip sebaiknya bersedia berkontribusi baik dari segi dana, upaya, dan pengetahuan.  Selain semua ongkos harus di-share dengan adil, semua juga harus turut membantu apalagi kalau road trip sedang menghadapi kendala. Peran-peran yang diperlukan dalam road trip tentunya pengemudi, navigator (pembaca peta dan penunjuk arah), pengurus makanan kalau tidak ada warung dan harus memasak, juga periset yang mencarikan daerah tujuan wisata serta obyek-obyek yang menarik untuk dikunjungi.  Jangan lupa, harus ada yang memastikan petualangan kalian diabadikan dan foto-fotonya tersimpan dengan baik. 

  • 2. Kendaraan yang mumpuni - kendaraan ini tidak perlu harus mobil mewah, namun harus laik jalan, sudah dicek di bengkel - ban serep, perlengkapan… semua aman.  Selain itu kendaraan harus dapat menampung seluruh peserta dengan nyaman tanpa berdesakan, dan masih tetap harus ada ruang untuk membawa suplai makanan dan bagasi para peserta… juga oleh-oleh pas perjalanan pulang.  Bayangkan, ngeroadtrip Jakarta-Bogor yang dekat aja oleh-oleh hasil buminya banyak banget.  Ketika kami nge-road trip dari Semarang ke Lasem, kami bertujuh naik 2 mobil terpisah, salah satunya menggunakan jasa supir - yang mana akan dibahas di point berikut.

  • 3. Pengemudi mobil - "supir" haruslah pengemudi andal yang peduli keselamatan, biasa mengemudikan kendaraan yang digunakan (nggak kagetan), dan kalau bisa tahu hal-hal teknis terkait kendaraan tersebut.  Sebaiknya ada supir serep yang bisa menggantikan kalau si pengemudi ini ngantuk atau kurang sehat.  Bagi tugas juga dengan salah satu peserta untuk jadi navigator/penunjuk jalan - kalau sekarang mah nggak ribet tinggal buka peta daring.  Kalau dana memungkinkan, nggak ada salahnya merekrut supir profesional yang biasanya menyertai mobil sewaan, karena selain berpengalaman, mereka juga "tahu jalan".  Bisa saja untuk grup kamu beban biaya supir ini sebanding dengan berkurangnya keribetan serta lebih amannya road trip kalian.

  • 4. Travel Plan - ini bukan hanya itinerary daerah tujuan wisata yang akan dikunjungi, tapi juga rute mana saja yang akan ditempuh. Dengan demikian bisa dipastikan jadwal dan kondisi jalan yang dilalui  demi keamanan.  Yang perlu diperhatikan, apakah perjalanan ada yang harus dilakukan malam hari? Apakah harus bermalam?  Adakah tempat aman untuk gelar tenda? Adakah SPBU untuk mengisi bensin di sepanjang perjalanan?  Adakah bengkel?  Adakah kota yang cukup besar untuk menginap atau menambah perbekalan? (Perbekalan ini bukan hanya makanan tapi juga peralatan, perlengkapan gadget, isi bensin, dan lain-lain). 

    Dari travel plan yang matang dan lengkap bisa didapatkan perkiraan biaya yang akurat sehingga tiap peserta bisa tahu harus patungan berapa - dan seluruh road trip bisa dilaksanakan dengan aman, bahkan bisa ada Plan B seandainya terjadi hal-hal tidak terduga seperti salah seorang peserta jatuh sakit sehingga harus mencari bantuan medis - atau karena ada gangguan alam road trip terpaksa dibatalkan dan diganti perjalanan udara.  Dari rencana perjalanan yang lengkap, selain kita bisa mengantisipasi biaya, kita juga bisa mengetahui hal-hal menarik di perjalanan yang patut kita singgahi, juga kondisi jalan, cuaca, bahkan apa yang kita wajib beli untuk dibawa pulang.

  • 5. Logistik dan kelengkapannya - makanan dan minuman, cemilan dan obat-obatan. Kebayang deh kalau TripSistas pasti lengkap banget suplai makanan dan cemilan untuk piknik.  Yang sering terlupakan adalah kelengkapan perangkat makan, gelas, botol, termos, sendok-garpu-sumpit, wadah makanan, kantong sampah… dan yang lebih sering terlupakan adalah obat-obatan maupun kotak P3K lengkap dengan isinya. Bayangkan di jalan mendadak salah makan dan sakit perut sementara posisi masih jauh dari peradaban yang ada tenaga medisnya.  Kalau mau masak di perjalanan, tambah lagi peralatannya dengan kompor mungil dan segenap panci-wajannya.  Penting banget point ini apalagi kalau kita ingin perjalanan ini zero-waste alias nggak nyampah plastik.

  • 6. Busana yang sesuai kondisi road trip - dalam satu road trip di Sumut-Aceh, ada kalanya kami berjemur di pantai (tepian danau Toba), kehujanan di Sidikalang, lembab di hujan tengah hutan Sumut-Aceh, kembali kepanasan sepanjang Meulaboh ke Sabang, dan sejuk udara pegunungan di Takengon, tanah Gayo. Diperlukan strategi ngepak baju sehingga yang dibawa tetap ringkes tapi sesuai kebutuhan.  Waktu jalan ke Semarang-Rembang, teman kami malah sempat2nya mengkomandokan semacam tema, misalnya hari ini pakai baju garis-garis… sehingga wefienya pun makin seru.  Untuk packing yang tepat guna, ringan namun lengkap, biasanya road trippers memakai sepatu olahraga dan membawa sandal santai. Jangan lupa pula untuk membawa topi, syal dan kacamata hitam dengan perlindungan dari sengatan cahaya matahari. Beberapa trip memerlukan bawaan khusus seperti baju renang, baju hangat, jas hujan atau sepatu hiking.

  • 7.  Peralatan - fotografi, telekomunikasi, extension cables.  Traveling jaman now memang lebih ribet, karena kita perlu smartphone dan wifi untuk mengakses peta daring, dan demi keamanan sebaiknya kita bisa menelepon dari jalan.  Instagrammable moment di sepanjang perjalanan juga rasanya tak boleh sampai terlewatkan.  Yang wajib dibawa:

    1. - Smartphone tanpa masalah - baterai selalu fully charged
    2. - Charger smartphone juga adaptor untuk ngecharge di mobil
    3. - Aksesori smartphone seperti tongsis dan lampu selfie
    4. - Kamera dan chargernya - kalau perlu dengan baterai ekstra
    5. - Aksesori kamera seperti tripod dan cangkang anti air untuk menyelam atau snorkeling
    6. - Extension cable - untuk ekstra power outlet ketika mampir di penginapan
    7. - Mi-fi yang bisa dipakai di jalan

  • 8. Catatan important numbers - persiapan selalu lebih baik kalau kita mengantisipasi masalah yang bisa terjadi di daerah yang kita kunjungi.  Tak ada salahnya menyimpan nomer telpon darurat seperti nomor polisi, rumahsakit di tempat-tempat yang kita singgahi.  Juga nomer-nomer penting "orang rumah" seandainya kita harus menghubungi keluarga tiap peserta, atau misalnya tukang bengkel langganan kita untuk berkonsultasi.

  • 9. Uang tunai - walaupun rasanya dimana-mana sudah bisa membayar pakai smartphone, apalagi kartu debit dan terkadang kartu kredit, kita tetap harus siap sedia membawa uang tunai secukupnya untuk keadaan darurat.

  • 10. Playlist dan musik - sebagai penutup, perjalanan panjang ini akan lebih berkesan dengan ditemani rangkaian musik yang menyenangkan semua peserta.  Kalau sekarang mah gak ribet, tinggal bawa transmitter penangkap siaran playlist dari smartphone kita yang disalurkan ke sound system kendaraan. Namun ada juga teman kami yang lebih suka gitaran sambil nyanyi live - ini juga keren!  Yang pasti, kita nggak bakal betah berkendara berjam-jam bahkan berhari-hari dengan playlist yang itu-itu saja, maka itu rencanakan hal ini dengan baik agar road trip semakin asik.